Fokus Layanan

Berita



Testimoni Stakeholder Pengguna Data dan Informasi Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Bides • Fotografer : Pusfatja • 28 Jan 2019 • Dibaca : 78 x ,

PUSFATJA | Senin, 21 Januari 2019. Terkait dengan tugas dan fungsi Bidang Diseminasi yakni melaksanakan kegiatan diseminasi, layanan informasi produk hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan di bidang pemanfaatan penginderaan jauh, maka dilakukan testimoni kepada para stakeholder pengguna data dan informasi penginderaan jauh. Testimoni dilakukan sebagai bagian dari kegiatan diseminasi informasi untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang diperoleh dari hasil pemanfaatan penginderaan jauh dalam mendukung visi dan misi para stakeholder terkait. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran guna meningkatkan layanan informasi pemanfaatan penginderaan jauh.

Stakeholder pengguna data dan informasi yang dipilih memberikan informasi adalah Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), dimana tesimoni dilakukan oleh Kepala Pushidrosal Bapak Dr. Ir. Harjo Susmoro S.Sos., S.H., M.H.. Beliau menyampaikan harapan untuk kerjasama bersama dalam melakukan analisis citra satelit penginderaan jauh untuk penelitian lebih lanjut. Disampaikan juga bahwa informasi pemanfaatan citra penginderaan jauh sangat membantu untuk pemetaan perbatasan hingga analisis batimetri serta pemetaan lainnya guna mendukung visi dan misi Pushidrosal dalam memberikan yang terbaik untuk NKRI.

Lembaga Diklat POLRI dan juga Badan Nasional Narkotika (BNN) juga dipilih sebagai stakeholder pengguna data dan informasi pemanfaatan penginderaan jauh. Irjen. Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H dan Brigjen. Pol. Dr. Dra. Juansih, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa peranan produksi informasi penginderaan jauh untuk membantu kerja Polri sangatlah besar, baik untuk informasi penanganan bencana, maupun untuk tindak analisis proses hukum lainnya. Informasi pemanfaatan penginderaan jauh perlu disampaikan kepada para perwira dalam lembaga pendidikan sebagai bekal dalam mengemban tugas terutama di wilayah yang menjadi penanganan bencana ataupun tindakan analisis khusus lainnya.

Selanjutnya PT. PLN melakukan testimoni terkait pemanfaatan informasi penginderaan jauh dalam mendukung program Papua Terang. Bapak Ahmad Rofik selaku Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua didampingi Eman Prijono Wasito Adi (Kepala Divisi Pengembangan Regional Maluku dan Papua) dan Bapak Robert A. Purba (Kepala Divisi Konstruksi Regional Maluku dan Papua) menyampaikan bahwa proyek Papua Terang yang dicanangkan oleh PLN sangat terbantu realisasinya bahkan melampaui dari target yang diharapkan. Target desa yang harus dialiri listrik di Papua dan Papua Barat telah melebihi target yang harus dicapai berkat pemanfaatan citra penginderaan jauh. Implementasi pemasangan listrik desa di Papua menjadi sangat efektif dan efisien, informasi akses jalan, pemetaan lokasi desa, ketinggian, fasilitas umum serta akses lokasi serta persiapan peralatan guna mendukung pelaksanaan survey lokasi berdasarkan citra satelit penginderaan jauh sangat membantu pelaksanaan kegaiatan proyek Papua Terang. PT.PLN sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang sudah terjalin antara PLN dan Pusfatja, LAPAN. Berkat pemanfaatan citra satelit penginderaan jauh, realisasi listrik desa di Papua dan Papua Barat sukses dilaksanakan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


   
© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL