Fokus Layanan

Berita



Deputi Bidang Penginderaan jauh Mengadakan Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Data Synthetic Aparture Radar (SAR) Tanggal 29 Agustus 2018
Penulis Berita : Priyatna • Fotografer : • 29 Aug 2018 • Dibaca : 364 x ,

De-INDERAJA | Deputi Bidang Penginderaan Jauh, yang dikolaborasi oleh Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, mengadakan Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Data Synthetic Aparture Radar (SAR) pada hari Rabu, 29 Agustus 2018, di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, LAPAN. Kegiatan utama workshop ini adalah memberikan Ceramah Umum dan Presentasi Teknis dari para peserta. Acara Workshop ini dibuka oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, LAPAN, DR. M. Rokhis Khomarudin yang menyatakan pemanfaatan penginderaan jauh SAR masih belom optimal dan masih perlu dilakukan kajian dan analisis lebih lanjut terkait penggunaan metode sehingga memberikan produk yang dapat digunakan oleh para stakeholder dan masyarakat umum.

Kegiatan workshop ini diawali dengan Ceramah Umum pada sesi pagi dengan "tema Tantangan Pengembangan Teknologi SAR di Indonesia dan Status Pemanfaatan Data SAR di Indonesia" dengan mengundang pembicara ahli SAR yakni DR. Rahmat Arief, Ir. Mahmud Raymadoya, M.Sc, DR Agustan, M.Sc, dan Fitriani Agustini, ST, M.Sc. Selanjutnya pada sesi siang dilanjutkan dengan presentasi teknis dari beberapa makalah terpilih, dan pembicara undangan dari berbagai stakeholder. Tema makalah tersebut yakni Sistem Sensor SAR, Teknologi SAR, Pengolahan Data SAR, dan Pemanfaatan Data SAR untuk Berbagai Sektor.

Kegiatan workshop ini menghasilkan banyak diskusi yang menarik, diantaranya pemanfaatan dan penggunaan data PALSAR SCANSAR untuk pemetaan gempa bumi, tutupan lahan, gambut, padi, sawit, palawija, dan geologi dan juga penggunaan data Sentinel untuk litbangyasa di LAPAN khususnya. Peserta workshop dihadiri dari berbagai K/L, perguruan tinggi dan organisasi (sekitar 60 peserta), diantaranya dari para peneliti/perekayasa Pusfatja dan Pustekdata LAPAN, BIG, BPPT, LIPI, BBSDLP Kementan, Badan Geologi, DISMPANSAU, IPB, UI, UNDIP, UGM, ITS.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


   
© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL