WORKSHOP PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PERUBAHAN LAHAN di PUSFATJA-LAPAN, 09-Mei-2019
By diseminasi, 10 May 2019
PUSFATJA | 09 Mei 2019, PUSFATJA mengadakan workshop "Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mendeteksi Perubahan Lahan" di Ruang Auditorium Pusfatja, LAPAN. Deputi Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti membuka Workshop Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Perubahan Lahan pada tanggal 9 Mei 2019, dengan didahului oleh Kapusfatja Dr. Rokhis Khomarudin, M.Si. yang melaporkan tujuan, jumlah peserta, dan harapan diadakannya workshop.

Workshop ini merupakan realisasi dari pertemuan sebelumnya, dimana pada Bulan Februari 2019, Direktur Direktorat IPSDH Dr. Belinda Arunarwati Margono bersama tim berkunjung ke Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN dengan membawa 11 poin kegiatan yang ingin dikerjakan bersama. Empat diantaranya merupakan kegiatan penelitian yang berkaitan dengan perubahan lahan dan dua diantaranya adalah kegiatan baru yang memerlukan penelitian sehingga akan diperoleh metode yang baik dan disepakati untuk diaplikasikan dalam program monitoring dan peringaran dini.



Kerjasama LAPAN dan KLHK merupakan lanjutan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya yang menggandeng WRI Indonesia sebagai mitra. Pertemuan selanjutnya antara LAPAN dan WRI Indonesia yang diwakili oleh Dr. Arief Wijaya sebagai Senior Manajer Iklim dan Hutan menyetujuai untuk melanjutkan kegiatan penelitian yang sudah dirintis tersebut. Atas kesepakatan bersama maka kemudian diadakan workshop ini.

Tujuan dari workshop adalah terkumpulnya metode untuk mendeteksi perubahan lahan bulanan sampai tiga bulanan, metode untuk peringaran dini deforestasi harian, dan menjadwalkan pertemuan berikutnya. Workshop diisi oleh 5 presenter yaitu Prof. Dr. Matthew Hansen (UMD), Prof. Dr. Lilik Budi Prasetyo (IPB), Dr. Belinda Arunarwati Margono IPSDH KLHK), Dr, Dede Dirgahayu (Pusfatja LAPAN), dan Andy Indradjad, S.Si, M.Eng (Pustekdata LAPAN) serta sebagai moderator workshop adalah Syarif Budhiman, S.Pi, M.Sc.

Workshop dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN, IPSDH KLHK, WRI Indonesia, IPB, Auriga, Daemeter dan Hatfiled. Di akhir workshop disepakati mengadakan workshop selanjutnya untuk membicarakan metode yang akan digunakan dalam monitoring perubahan lahan bulanan sampai tiga bulanan dan deteksi peringatan dini deforestasi harian.