Bimbingan Teknis Analisis Penginderaan Jauh (Peta Citra) Penggunaan Merkuri di Lokasi Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) Kerjasama antara BIG, KLHK dan LAPAN
By admin, 12 Dec 2018
Bimbingan teknis analisis penginderaan jauh (peta citra) penggunaan merkuri di lokasi pertambangan emas skla kecil (PESK) diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 06 – 07 Desember 2018 bertempat di Hotel Dafam Teraskita Jakarta. Bimbingan teknis ini merupakan bagian dari kegiatan kerjasama antara BIG, KLHK dan LAPAN terkait analisis penginderaan jauh penggunaan merkuri di lokasi PESK yang merupakan bagian dari program Prioritas Nasional (PN) Penghapusan Merkuri TA 2018.
Para peserta bimbingan teknis adalah para pegawai dari Direktorat Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun Kementerian LKH. Hari pertama materi diberikan oleh Badan Informasi Geospasial, sedangkan hari kedua materi disampaikan dari Pusfatja, LAPAN pada kesempatan kali ini dilakukan oleh Suwarsono, M.Si dan Kusumaning Ayu M.Si .
Materi presentasi yang dipaparkan mengenai konsep spasial dan konsep penginderaan jauh serta estimasi parameter indikator pencemaran lingkungan dari citra satelit penginderaan jauh. Sedangkan materi bimbingan teknis antara lain pengolahan untuk interpretasi citra visual dan digital, analisis deteksi perubahan, pembuatan layout peta/citra dan penyusunan laporan.
Metode interpretasi citra satelit dilakukan dengan menggabungkan metode visual dan metode digital. Interpretasi citra secara visual dilakukan berdasarkan kunci interpretasi citra (unsur diagnostik citra) yaitu: rona/warna, bentuk, ukuran, tekstur, pola, bayangan, situs, dan asosiasi. Sedangkan interpretasi secara digital dilakukan dengan menerapkan teknik-teknik digital seperti klasifikasi citra yang didasarkan atas statistik nilai spektral dari pikselnya. Klasifikasi indikasi tingkat pencemaran merkuri di lokasi PESK ditentukan berdasarkan nilai spektral atau indeks turunannya beserta perubahannya.
Hasil dari kegiatan kerjasama ini adalah tersedia peta tematik sebaran lokasi Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) di seluruh Indonesia berikut analisis spektral dampak pencemaran merkuri pada media lingkungan di lokasi-lokasi prioritas serta peta indikatif indeks pencemaran merkuri melalui metode statistik spasial (interpolasi) di beberapa lokasi spesifik Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK).