Forum Evaluasi Kinerja & Penyelarasan Masterplan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pemanfaatan & Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN
By admin, 05 Nov 2018
Kegiatan Forum Evaluasi Kinerja & Penyelarasan Masterplan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pemanfaatan & Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN yang dilaksanakan di Pusat Pemanfaaatn Penginderaan Jauh, LAPAN, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada tanggal 2 November 2018, telah dihadiri oleh Tim Monev, yaitu: Prof. Dr. Ir. Dewayany Sutrisno, M.AppSc. (BIG) dan Dr. rer. nat. Eko Kusratmoko, MS. (UI), serta dihadiri juga oleh Tim Sekretariat PUI Pusat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Edita Diah Triana Dewi, SE. selaku Kasie Lemlitbang LPK dan Umi Salama, S.KOM., selaku Analis pada Seksi Lemlitbang LPK.

Pada kegiatan Forum Evaluasi ini dihadiri sebanyak 45 peserta, terdiri pejabat Struktural dan pejabat Fungsional Pusfatja LAPAN, diantaranya Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Kepala Bidang Program Fasilitas, Kepala Bidang Diseminasi, Keala Bagian Administrasi, Kepala SubBag TU dan Kepegawaian, dan Kepala SubBag BMN dan Keuangan.

Pada paparan capaian yang telah dihasilkan oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Dr. M. Rokhis Khomarudin, S.Si., M.Si., di sebutkan Pusfatja telah menyiapkan data dukung dan peningkatan strategi peningkatan sourcing-absorptive capacity, strategi peningkatan research and development capacity, dan strategi peningkatan disseminating capacity. Kapusfatja juga menjelaskan hasil capaian kerja sama sinergi lembaga PUI, yang telah dilakukan kontrak kerja sama sinergi PUI, seperti PUI BROL, P2I LIPI, Pepdas, Pustekdata, Pusteksat, PSTA, dan metrology dan juga PUI kebencanaan. Pada paparannya juga disebutkan capaian National refernces dan National recognitioan dalam produk informasi unggulan, seperti tanggapan bencana gempa di Palu dan NTB, Produk informasi ZPPI, Produk informasi Ketahanan pangan.

Sesuai kegiatan monev ini, tim supervisi, yakni Prof Dr. Ir. Dewayany Sutrisno, M.AppSc. (BIG) dan Dr. rer. nat. Eko Kusratmoko, MS. (UI), memberikan arahan untuk membangun strategi percepatan capacity Research dan Development sehingga pada akhirnya tercapai target-target yang diharapkan, seperti karya ilmiah nasional dan internasional melalui membangun kerjasama dengan K/L atau Perguruan tinggi melalui Jurnal-jurnal publishingnya. Selain itu juga Tim Sekretariat memberikan apresiasi dalam kegiatan produksi informasi yang telah di sinergitaskan dengan PUI lainnya dan juga K/L serta pemerintah daerah di Indonesia. Untuk kegiatan ISO 9001:2015 dan KNAPPP juga tidak luput dipaparkan capaian pada tahun ini, hanya tinggal menunggu hasil atau sertifikasi perpanjangan (ISO) dan Penilaian KNAPPP, yang akan dilaksanakan pada akhir bulan November 2018.