Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Tanah Timbul, Garis Pantai, dan Pulau-pulau Kecil, kerjasama LAPAN-KemenATR-BPN tanggal 30 Oktober 2018 sampai 2 November 2018
By diseminasi, 30 Oct 2018
PUSFATJA | Selasa, 30 Oktober 2018, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja-LAPAN) bekerjasama dengan Kementrian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk tanah timbul, garis pantai, dan pulau kecil. Bimtek dilaksanakan selama 4 hari kerja dari tanggal 30 Oktober sampai 2 November 2018 bertempat di Pusfatja-LAPAN, Pekayon Jakarta. Bimtek tersebut diikuti 8 peserta dari KemenATR-BPN yang akan melakukan pengolahan data penginderaan jauh untuk analisis tanah timbul, garis pantai serta pulau kecil.

Kepala Bidang Diseminasi, Pusfatja-LAPAN. M.Priyatna,S.Si, M.TI selaku Ketua Pelaksana Bimtek sekaligus mewakili Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh membuka acara bimbingan teknis pemanfaatan data penginderaan jauh untuk tanah timbul, garis pantai dan pulau kecil. Beliau menyampaikan bahwa pemanfaatan penginderaan jauh dapat memberikan solusi tercepat dan efektif secara spasial guna memantau sumber daya alam dan lingkungan. Selanjutnya dari KemenATR-BPN mengucapkan terimakasih kepada Pusfatja-LAPAN atas kerjasama penelitian dan pengolahan data penginderaan jauh terkait analis tanah timbul, garis pantai dan pulau kecil. 

Materi bimbingan teknis antara lain pengenalan sistem akuisisi, pengolahan, dan manajemen data di LAPAN, termasuk konsep dasar penginderaan jauh, serta materi pengenalan interpretasi citra digital dan pengenalan system informasi geografis (GIS). Narasumber yang hadir dalam bimbingan teknis tersebut antara lain Dr. Ety Parwati, Fajar Yulianto, S.Si, M.Si, Nanin Anggraeni S.Si, M.Si, dan Ahmad Sutanto, S.Si, M.Kom. Dalam bimbingan teknis ini juga diberikan praktikum pengolahan citra satelit (koreksi radiometrik dan pansharpen), praktikum menampilkan citra dan pembuatan citra komposit, analisis tanah timbul, garis pantai dan pulau kecil, layout peta dan diakhiri dengan presentasi kelompok dari masing masing peserta. Adapun instruktur pada bimbingan teknis ini adalah Nanin Anggraeni S.Si, M.Si, Ahmad Sutanto, S.Si, M.Kom, Hestiningsih, ST, Riska Valupi.