PUSFATJA - LAPAN IKUT MEMERIAHKAN ACARA REVITALISASI DAS CITARUM YANG DICANANGKAN OLEH BAPAK PRESIDEN
By admin, 22 Feb 2018
Kamis, 22 Februari 2018, adalah hari yang bersejarah bagi warga di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pada hari itu, Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan penanaman pohon Manglid (Manglieta Glauca), salah satu pohon endemik di Jawa Barat, dalam acara pencanangan Revitalisasi DAS Citarum di lokasi rehabilitasi lahan Situ Cisanti Kecamatan Kertasari. Rangkaian kegiatan pencanangan Revitalisasi DAS Citarum meliputi Penananaman Pohon, Diskusi Publik dan Pameran. Di dalam kegiatan tersebut, PUSFATJA - LAPAN ikut serta untuk memeriahkan dengan hadir sebagai salah satu peserta Pameran. Tema yang diangkat dari stand PUSFATJA - LAPAN adalah “Penginderaan Jauh dalam Monitoring DAS Citarum”. Keikutsertaan PUSFATJA - LAPAN di dalam pameran ini sebagai wujud memperkenalkan peran LAPAN, khususnya di lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pusfatja dan Pustekdata), dalam mendukung upaya revitalisasi DAS, yaitu dalam monitoring dan pemetaan dengan data dan teknologi penginderaan jauh. Perwakilan rombongan PUSFATJA - LAPAN yang hadir dalam membawakan pameran adalah Winanto, ST (selaku koordinator), Suwarsono, S.Si., M.Si., Fajar Yulianto, S.Si., M.Si., Gigih Giarrastowo, S.Pi., Putra Setiawan, S.T., dan Syaiful Permana, S.Si.

Produk-produk yang dipamerkan oleh PUSFATJA dan PUSTEKDATA - LAPAN didesain ke dalam banner yang memuat Sistem Akuisisi Data (Sistem Stasiun Bumi), Bank Data Penginderaan Jauh Nasional dan hasil-hasil kegiatan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk monitoring degradasi hutan/lahan serta peranan data penginderaan jauh untuk monitoring serta evaluasi keberhasilan program rehabilitasi lahan. Di dalam pameran ini juga ditampilkan produk-produk hasil litbang penginderaan jauh lainnya yang disajikan dalam bentuk buku maupun booklet, antara lain Booklet Potret DAS Citarum dari Satelit Penginderaan Jauh, Kegiatan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Kegiatan Asuransi Pertanian (Tendra Surtani), dan Informasi Citra Satelit Pulau-Pulau Kecil Terluar Indonesia. Antusiasme dari berbagai kalangan baik dari pemerintah, pelajar/mahasiswa, swasta, LSM, hingga masyarakat umum cukup tinggi terhadap stand pameran PUSFATJA - LAPAN.

Bupati Bandung (H. Dadang M. Nasser, SH, S.IP) dan Dandim 0609 (Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, S.Ap.,M.Si ) yang berkunjung ke stand LAPAN sangat tertarik terhadap penggunaan teknologi satelit penginderaan jauh untuk monitoring rehabilitasi lahan pada khususnya dan untuk mendukung pembangunan daerah pada umumnya. Pada kesempatan ini Bapak Bupati tertarik untuk melakukan kerjasama dengan LAPAN dalam pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung upaya perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan di Kabupaten Bandung.