Fokus Layanan

Berita



WEBINAR PUSFATJA BINDER SERI#17: TEMA "PENGINDERAAN JAUH KEBUMIAN", JUM'AT 09 OKTOBER 2020
Penulis Berita : Iskandar • Fotografer : Humas/Pusfatja • 12 Oct 2020 • Dibaca : 492 x ,

PUSFATJA | Jum'at 09 Oktober 2020, Tak terasa, Webinar Pusfatja sudah memasuki seri terakhir, yaitu Seri#17. Peserta terdaftar pada binder seri#17 ini sebanyak 1312 peserta, didominasi dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan latar belakang pendidikan S1/D4 berasal dari PT dengan pekerjaan Mahasiswa/pelajar. Susunan acara Binder Seri#17 ini adalah pengantar oleh Moderator, dilanjutkan paparan materi oleh para narasumber, sesi diskusi, pengumuman pemenang dan doorprize dan souvenir dan penutup. Moderator seri#17 ini adalah Udi Catur Nugroho, ST. Peneliti Muda Pusfatja ini mengatakan tema binder kali ini sangat menarik, karena berhubungan dengan posisi Indonesia terletak di pertemuan lempeng-lempeng, kondisi ini menyebabkan Indonesia memiliki sumberdaya geologi ke 6 didunia. Teknologi penginderaan jauh mencoba melihat Indonesia dari atas, sehingga cakupannya luas, kapan saja sehingga tiap bulan kita bisa melihat Indonesia, dapat mengetahui kekayaan sumberdaya geologi, melihat dinamika-dinamika geologi secara menyeluruh di Indonesia. Penginderaan Jauh dapat meminimalisasi kegiatan di lapangan. Mengenai hal ini, kita dapat menetahui dari praktisinya langsung bagaimana penginderaan jauh melihat kegiatan kebumian. ada 3 narasumber; yang akan memberikan pengetahuan geodinamik dan geo modelling oleh Ir. Atriyon Julzarika, ST, M.Eng dari Pusfatja; terkait parameter fisik gunung api ole M. Aufaristama, Ph.D dari Universitas Twente, Belanda dan; informasi terkait peta geologi Indonesia 1:50.000 oleh Fitriani Agustin, ST, M.Sc dari Pusat Survey Geologi, Kementrian ESDM.



Ir. Atriyon Julzarika, ST, M.Eng sebagai narasumber pertama memaparkan "Remote Sensing for Geodynamics and Geomodelling". "Mas iyon" panggilan dari teman-teman di Pusfatja menjelaskan arti geodinamika dan geomodelling; Ditampilkan juga contoh-contoh penerapannya, seperti perubahan pentutup lahan, geologi forensik danau untuk biodiversity, kecepatan erosi tanah, potensi mineral dan lain-lain. Atriyon juga menerangkan tentang "Deformasi Vertikal" dan aplikasinya seperti; pemetaan bawah permukaan, perubahan tinggi vegetasi, multitemporal Subsidence, serta kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa di selatan P. jawa.

Narasumber ke-2 adalah M. Aufaristama, Ph.D dari Universitas Twente, Belanda memaparkan "Deriving physical properties of the volcanic product using multi remote sensing techniques and data sets (a case study review)". M. Aufa menjelaskan tentang research yang dilakukan mengenai bagaimana menurunkan sifat fisik dari gunung api menggunakan data dan teknologi remote sensing, diawali dengan sensor remote sensing dan sifat fisik turunannya. Fokus kegiatannya adalah sifat-sifat lava selama erupsi dan setelah erupsi. Ditampilkan juga makalah-makalah yang sudah terbit yang meneliti sifat termal dari aliran lava menggunakan sensor infrared selama erupsi gunung Holuhraun di Islandia.

"Implementation of Remote Sensing Approach for Indonesia Geological Mapping 1:50.000" adalah materi yang dibawakan oleh Fitriani Agustin, ST, M.Sc sebagai narasumber ke-3. Peneliti Muda dari Pusat Survey Geology, Kementrian ESDM ini mengawali paparannya dengan menceritakan sejarah pemetaan geologi di Indonesia. Diceritakan juga macam data inderaja yang digunakan untuk pemetaan geologi skala 1:50.000, seperti Landsat, Radarsat, TerraSAR-X, Aster dan lain-lain. Ditampilkan juga layout beberapa contoh layout peta Geologi hasil interpretasi menggunakan data inderaja skala 1:50.000. Akhir paparannya, ditampilkan layanan peta geologi sistimatik dan tematik di Pusat Survey Geologi (http://psg.bgl.esdm.go.id/geomap).



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL