Unit

News



WEBINAR PUSFATJA BINDER SERI#13: TEMA "MANGROVE", JUM"AT 11 SEPTEMBER 2020
News Writter : Iskandar • Photographers : Humas/Pusfatja • 14 Sep 2020 • Read : 1342 x ,

PUSFATJA | Jum'at 11 September 2020, MC Lusiana membuka Webinar Pusfatja "Bincang Inderaja" atau Binder dengan menyapa para struktural Pusfatja, Moderator dan Narasumber, pemangku jabatan dari seluruh Indonesia, peserta binder baik yang menyaksikan melalui zoom atau youtube. MC juga mengatakan, Binder yang telah memasuki Seri#13 ini dikuti oleh 1344 peserta yang teregistrasi yang kali ini didominasi peserta dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, dengan latar belakang pendidikan terbanyak D4/S1 serta dan berasal dari akademisi. Selain itu, MC Lusiana juga membacakan "panduan peserta webinar", serta mengenalkan moderator Binder kali ini Teguh Prayogo, ST, M.Si Peneliti Muda dari Pusfatja-LAPAN. kandidat Doktor teknologi Kelautan dari IPB ini mengatakan, binder kali ini luar biasa, karena narasumber kali ini adalah orang-orang yang berpengalaman dalam pemantauan mangrove, baik dari penginderaan jauh maupun dari pengalaman-pengalaman di lapangan. Para narasumber tersebut , adalah; Gatot Winarso, ST, M.Sc dari Pusfatja-LAPAN, Ir. Setyo Yuwono, M.Si, dari KLHK dan Yudhistira Tri Nurtaesa, S.Si, M.Sc dari PT. Mitra Geotama Indonesia.

Narasumber pertama Gatot Winarso, ST, M.Sc memaparkan tema "Pemanfaatan data Inderaja untuk Informasi Ekosistem Mangrove; Tantangan dan Permasalahan". Peneliti Madya Pusfatja ini menerangkan pentingnya eksistem mangrove secara ekologi dan ekonomi; Penurunan luas mangrove di Indonesia dan Dunia; informasi eksositem mangrove dari inderaja; contoh sebaran mangrove dari berbagai data satelit; Tantangan dan permasalahan dalam pemantauan sebaran mangrove; Estimasi kandungan karbon; serta identifikasi spesies dominan mangroe.

Narasumber kedua adalah Ir. Setyo Yuwono, M.Si, dari KLHK memaparkan "Kontribusi data Penginderaan Jauh dalam Pemetaan Mangrove". beliau menerangkan tentang sebaran mangrove di Indonesia di 257 kabupaten/Kota; Penyusunan Peta Mangrove Nasional, kerjasama KLHK dengan BIG, LAPAN, KKP, LIPI, Kemendagri, UPT BPDASHL se Indonesia, diaman output yang diharapkan adalah Peta Mangrove Nasional Skala 1:25.000; Juga diceritakan kondisi mangrove di Indonesia hingga tahun 2020; Manfaat Peta Mangrove; Serta Dukungan Inderaja dalam penyusuna Peta mangrove Nasional.

Narasumber ketiga adalah Yudhistira Tri Nurteisa, S.Si, M.Sc memaparkan "Peran Hasil Penelitian Operasional Pemetaan mangrove". Co-founder PT. Mitra Geotama Indonesia ini menerangkan pemetaan mangrove yang telah dilakukan dari 2012 hingga 2019; Tantangan yang dihadapi dalam proses Pemetaan; Pembuatan batas peraian dan darat; Pemetaan kerapatan mangrove; Survey lapangan yang dilakukan dalam pemetaan mangrove; dan Identifikasi batas, kerapatan, spesies dan profile mangrove; serta pengembangan metode dalam pemetaan mangrove.

Moderator dan Narasumber Webinar Pusfatja Binder Seri#13, Jum'at 11 September 2020




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL