Unit

News



WEBINAR PUSFATJA BINDER SERI#11: TEMA "KUALITAS AIR", JUM'AT 28 AGUSTUS 2020
News Writter : Iskandar • Photographers : Humas/Pusfatja • 30 Aug 2020 • Read : 6297 x ,

PUSFATJA | jum'at 28 Agustus 2020, Komposisi peserta Binder seri#11 hampir tidak berbeda dari seri sebelumnya, masih didominasi peserta dari Jawa Timur, jawa Barat, dan Jawa Tengah, berasal dari Akademisi/PT dengan jenis pekerjaan yang dominan adalah pelajar/mahasiswa. MC Nurhayati menyampaikan hal tersebut sebagai pembuka acara Binder kali ini. Dr. Ety Parwati sebagai moderator Binder kali ini mengatakan; "Kualitas Air dan Sampah Plastik" merupakan bahan yang sangat menarik untuk diperbincangkan karena merupakan masalah yang sangat dekat dalam kehidupan kita, oleh karena itu merupakan tema yang sangat tepat dalam Binder kali ini. Untuk membahas hal tersebut ada 2 narasumber dalam Binder kali ini, yang pertama adalah M. Saleh Nugrahadi, Ph.D dari Kemenkomarinves-RI dan Syarif Budiaman, S.Pi, M.Sc dari Pusfatja-LAPAN. Kedua narasumber ini akan memaparkan tentang masalah sampah plastik dan kualitas air.

Narasumber pertama, M Saleh Nugrahadi, Ph.D memaparkan topik "Problema Sampah Plastik dan Kebijakan Pengelolaannya". Asisten Deputi Pengelolaan DAS dan Konservasi Sumber Daya Alam Kemenkomarinves ini menjelaskan tentang; Permasalahan dan Tantangan Pegelolaan Samapah di Laut; Perpres 83/2018 tentang Penangan Sampah Laut; Nasional Banseline for Palstic Leaakge; Kegiatan Penanganan Sampah Plastik; Kemitraan Penanganan Sampah Plastik: NPAP. Selanjutnya dijelaskan mengenai 5 strategi dalam penanganan sampah laut kolaborasi dari lintas kementrian/Lembaga, Pengelolaan sampah menjadi bahan bakar alternatif RDF (Refuse Derived Fuel); penggunaan penginderaan jauh dalam penanganan sampah plastik di laut. Juga dijelaskan kerjasama yang sudah dilakukan, diantaranya dengan ministry of the Environment- Jepang dan kemitraan dalam National Plastic Action Partnership.

Narasumber ke-dua Syarif Budiaman, S.Pi, M.Sc, memaparkan topik "Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Kualitas Air". Koordinator Bidang Program dan Fasilitas, Pusfatja menjelaskan tentang; Penginderaan Jauh; Interaksi cahaya pada Kolom Air; dan Pamntauan Kualitas Air. dalam paparannya, dijelaskan tentang teori penginderaan jauh, komponen perairan yang mempengaruhi interaksi cahaya pada kolom air, Algoritma "ocean colour", beberapa hasil pengukuran TSM di Delta Mahakam, serta contoh-contoh pengukuran perairan yang telah ditampilkan di SIPANDORA Pusfatja (sipandora.lapan.go.id).

Narasumber Webinar Pusfatja Binder Seri#11 Jum'at 28 Agustus 2020



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL