Unit

News



OJT (On the Job Training) STAF PUSINFOMAR-TNI di DEPUTI INDERAJA, 24 Agustus - 09 September 2020
News Writter : Iskandar • Photographers : Humas/Pustekdata • 24 Aug 2020 • Read : 6312 x ,

PUSFATJA | Senin, 24 Agustus 2020, Menindak lanjuti kunjungan Pusinfomar-TNI ke Deputi Penginderaan Jauh tanggal 05 Agustus 2020, hari ini dimulai On the Job Training (OJT) staf Pusinfomar sebanyak 4 orang (3 Perwira Menengah dan 1 Bintara). OJT dibuka oleh Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi didampingi oleh Dr. Ety Parwati dan staf dari Pustekdata-Pusfatja di Gedung Indriya Bhuana Pustekdata. Msih berlangsungnya masa pandemi covid-19 ini, diharapkan pelaksanaan OJT ini memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. OJT Pusinfomar ini berlangsung di dua tempat, Pustekdata (24 - 28 Agustus 2020) dan di Pusfatja (31 Agustus - 08 September 2020), sedangkan acara penutupan akan dilaksanakan tanggal 09 September 2020 di Pustekdata dengan mengundang Pimpinan Pusinfomar-TNI untuk menyaksikan presentasi dari wakil peserta OJT sekaligus diskusi dan penutupan OJT.

Materi awal yang diajarkan dalam OJT ini adalah "Dasar Penginderaan Jauh" oleh Dr. Ety Parwati. Peneliti Madya Pusfatja ini menyampaikan materi tentang: Konsep dasar penginderaan jauh; Prinsip dan Sistem penginderaan jauh; Sensor aktif dan pasif beserta contoh-contohnya; Karakteristik data penginderaan jauh, meliputi resolusi spasial, temporal, spektral dan radiometrik beserta contohnya; Macam-macam data satelit, dari resolusi rendah, menengah, tinggi dan sangat tinggi. Selain itu, diberikan juga contoh-contoh aplikasi data inderaja, seperti: perubahan penutup lahan, identifikasi tanaman kelapa sawit; Identifikasi ladang ganja, daerah pertambangan; Perunahan ruang hijau di perkotaan.

Dr. Ety Parwati menerangkan Dasar Pengnderaan Jauh


Selama pengajaran di Pustekdata, peserta OJT mendapat materi mengenai "Pengolahan Data/Citra", meliputi: Stasiun Bumi penerima data satelit resolusi rendah hingga tinggi; penerimaan data inderaja resolusi tinggi untuk kebutuhan khusus, penerimaan data inderaja resolusi rendah untuk aplikasi lingkungan, Pengenalan opeasional stasiun Bumi Pekayon, Rumpin dan Pare-pare. Peserta juga dikenalkan dengan Browse katalog data inderaja (LandSat, SPOT, Pleades, SAR dan SPACEMAP; Bagaimana install software QGIS dan copy data optis; pengolahan data optis; Bagaimana install software SNAP dan copy data SAR termasuk pengolahan data SAR; serta Pengenalan GPS dan praktikum penentuan titik survei.

Sedangkan selama pengjaran di Pusfatja, peserta OJT akan mendapat materi mengenai "Pemanfaatan Data/Citra", meliputi: pengantar penginderaan jauh dan pemanfaatan untuk kelautan; bagaimana mendeteksi tumpahan minyak dari data inderaja dan praktikum deteksi tumpahan minyak dari data radar sekaligus visualisasi informasinya; Bagaimana deteksi objek di laut dengan data radar dan optis sekaligus praktikum;Peserta OJT juga mendapat materi penginderaan jauh untuk ZPPI; terori penentuan zppi dari data satelit penginderan jauh; demo pengolahan citra satelit inderaja untuk zppi; demo analisis informasi zppi bulanan dan tahunan; Pengolahan dan penyajian analisis cahaya lampu kapal dengan citra SNPP; Pengembangan data citra satelit LAPAN A2/A3, meliputi: pengolahan, database dan pemanfaatannya; Selain itu juga diberikan materi pemanfaatan data AIS satelit LAPAN A2/A3.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL