Unit

News



WEBINAR PUSFATJA BINDER SERI#10: TEMA "TERUMBU KARANG", RABU 19 AGUSTUS 2020
News Writter : Iskandar • Photographers : Humas/Pusfatja • 21 Aug 2020 • Read : 7026 x ,

PUSFATJA |Jum'at, 21 Agustus 2020, Bincang Inderaja (BINDER) yang diselenggarakan Rabu 19 Agustus 2020 merupakan Binder Seri#10, dengan tema "Terumbu Karang". Menurut pembawa acara Anisa Rarasati, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1.635 orang, dimana peserta terbanyak bersasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Asal instansi peserta terbanyak berasal dari Akademisi/PT, Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan jenis pekerjaan didominasi oleh mahasiswa/pelajar. Moderator Binder Kali ini adalah Syarif Budiman, S.Pi, M.Sc. Koordinator Bidang Program dan Fasilitas Pusfatja ini menyatakan, tema kali ini tentang terumbu karang, merupakan sesuatu yang sangat menarik, karena bagaimana pemanfaatan data penginderaan jauh dapat melihat sesuatu yang ada didalam air. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai terumbu karang, ada 2 narasumber dalam Binder Seri#10 ini, yaitu; Dr. Ety Parwati dari Pusfatja LAPAN dan Bayu Prayudha, S.Si, M.Sc Peneliti LIPI.

Narasumber Webinar Pusfatja Binder Seri#10, Rabu 19 Agustus 2020


Dr. Ey Parwati menjelaskan tentang "bagaimana Satelit dapat Melihat Terumbu Karang?". Doktor Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan dari IPB ini menerangkan ciri-ciri terumbu karang; bagaimana pentingnya terumbu karang; contoh lokasi sebaran terumbu karang di Indonesia, termasuk kawasan segitiga terumbu karang; Prinsip kerja penginderaan jauh di bawah permukaan air; Parameter Fisik apa saja yang dapat diukur menggunakan data Inderaja; identifikasi objek di perairan dangkal; Pemantauan dan litabng terumbu karang di Pusfatja; Contoh hasil survei lapangan; Sebaran habitat dasar di perairan dangkal.

Peneliti dari P2O-LIPI Bayu Prayudha, S.Si, M.Sc memaparkan tentang "Kebutuhan Data Penginderaan Jauh untuk Kajian Terumbu Karang". Materi yang disampaikan diantaranya; aplikasi penginderaan jauh untuk kajian terumbu karang, meliputi; teori penginderaan jauh, pemetaan terumbu karang, aplikasi drone untuk area observasi dan sampling. Selain itu, disampaikan juga pemantauan terumbu karang dan ekosisistem terkait, seperti; kondisi terumbu karang, kondisi lamun, dan sebaran habitat. Selain litbang dan pemetaan terumbu karang, P2O-LIPI juga menerbitkan Buku dan Panduan, seperti; Panduan Teknis Pemetaan Habitat; Panduan Monitoring Terumbu Karang dan ekosistem Terkait (Lamun dan mangrove); Teknik eksplorasi Sumber Daya Pesisir (Terumbu Karang dan mangorve) berbasis Geospasial; serta Panduan Penilaian Cadangan dan Serapan Karbon Lamun untuk Asia Tenggara (Pengukuran dan Pemetaan).



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL