Fokus Layanan

Berita



WEBINAR PUSFATJA BINDER SERI#06: TEMA "MITIGASI BENCANA", JUM'AT 24 JULI 2020
Penulis Berita : Iskandar • Fotografer : Humas/Pusfatja • 25 Jul 2020 • Dibaca : 114 x ,

PUSFATJA | Sabtu, 25 Juli 2020, Binder (Bincang Inderaja) Seri#06, suatu webinar kembali diselenggaran oleh Pusfatja. Tema yang diangkat kali ini adalah "Mitigasi Bencana". Binder dibuka oleh MC Lusiana dengan membacakan panduan bagi peserta webinar. Jumlah peserta Binder Seri#06 ini sebanyak 2.101 peserta, dengan terbanyak berasal dari Jawa Timur (13,34%), Jawa Barat (13,29%) dan Jawa Tengah (10,77%) dengan asal instansi peserta terbanyak berasal dari Akademisi/PT, Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Sebagai Moderator dalam Binder Seri#06 ini adalah Peneliti Muda Pusfatja Udhi Catur Nugroho, ST yang menyampaikan selintas tentang posisi Indonesia yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik dan diapit oleh 2 Samudra, sehingga Indonesia kaya akan sumberdaya alam dan bencana alam hidrometeorologi dan geologi. Kondisi ini menjadi sesuatu yang menarik sehingga angkat menjadi tema dalam Binder kali ini. Ada 2 sesi dalam Binder ini, yang pertama "Peran Penginderaan Jauh dalam Mitgasi Bencana" oleh Dr. Indah Prasasti dari LAPAN dan yang kedua adalah "Mitigasi banjir Bandang, Pengalaman BPPTP DAS Solo" oleh Dr. Endang Savitri dari KLHK. Selain itu ada sesi tanya-jawab dan pengumuman pemenang quiz diakhir acara.

Narasumber Binder Seri#06 24 Juli 2020


Narasumber ke-1 Dr. Indah Prasasti menyampaikan arti mitigasi bencana, tujuan dan bentuk dalam melakukan mitgasi bencana. Doktor Klimatologi Terapan dari IPB ini juga menjelaskan peran LAPAN dalam mendukung program pemerintah dalam kebencanaan, baik dari data penginderaan jauh yang dihasilkan dari 3 stasiun bumi di Pare-pare, Bogor dan Jakarta, tetapi juga informasi yang dihasilkan, seperti informasi Karhutla (Hotspot, SPBK dan Burned Area), Kekeringan (TKV, Akumulasi CH Bulanan, SPI), Banjir (Potenai Banjir longsor harian), Pemantauan Gunung Api, Potenai daerah terdampak Gempa/tsunami, serta Quick Respon Bencana. Semua informasi yang dhasilkan terkait mitigasi bencana dalam diakses melalui situs SPBN Pusfatja (web) maupun SIPANDORA (web dan android).

Narasumber ke-2 Dr. Endang Savitri dari KLHK menyampaikan Mitigasi Banjir Bandang berdasarkan pengalaman di BPPTP DAS di Solo. Beliau menerangkan definisi dan penyebab banjir bandang, proses terjadinya banjir bandang, serta resiko yang akan terjadi jika ada banjir bandang (area daerah terdampak, area yang kebanjiran). Selain itu, Dr. Endang juga menampilkan contoh-contoh peristiwa banjir bandang di Sumatera, Jawa dan Sulawesi yang pernah beliau dan tim amati.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL