Fokus Layanan

Berita



KOLOKIUM TW-2 tahun 2020 PUSFATJA: GRUP PEREKAYASA; PLATFORM PENGGUNA dan PENERAPAN IoT & OTOMATISASI, RABU 22 JULI 2020
Penulis Berita : Iskandar • Fotografer : Humas/Pusfatja • 22 Jul 2020 • Dibaca : 109 x ,

PUSFATJA | Rabu, 22 Juli 2020, Hari ke-3 Kolium TW-2 Pusfatja tahun 2020 adalah dari Grup Perekayasa. Ada 2 litbangjirap perekayasa dalam grup ini, yaitu; Platform Pengguna dan Penerapan IoT & Otomatisasi. Kolokium secara daring ini diikuti baik dari rumah bagi yang sedang WFH maupun diruangan kerja masing-masing bagi yang WFO menggunakan aplikasi ZOOM. Taufik Hidayat, S.Si sebagai Grup Leader menyampaikan target-target yang akan dicapai tiap tahun hingga tahun 2024 dari kedua litbangjirap. Selain itu, disampaikan juga inovasi-inovasi yang dilakukan, seperti pembuatan platform digital servive anatar institusi, modul pengolahan otomatis informasi longsor, prediksi banjir, curah hujan burned area, perancangan dasboard platypus tematik kebencanaan dan kehutanan dan lain-lain.

Taufik Hidayat, S.Si, Group Leader (GL) merangkap Leader litbangjirab Platform Digital services antar Institusi memaparkan capaian litbangjirap "Pengembangan paltform Digital service antar Institusi" pada triwulan-2 tahun 2020. Sasaran strategis yang ingin dicapai dalam litbangjirap ini adalah tersedianya informasi kebencanaan dan kehutanan secara cepat dan akurat. Pembuatan Platform ini dapat dikatakan perbaikan dari platform Sistem Pemantauan Bumi nasional (SPBN)yang memiliki beberapa kelemahan, diantaranya; tidak bisa mengunduh data raster, tidak dapat menampilkan grafik analisis dari setiap informasi, tidak ada proses pengolahan data dan lain-lain. Pengembangan digital service yang sedang dibangun menggunakan ArcGIS Enterprise yang menyediakan teknologi server geospasial yang kuat dan memungkinkan kita melakukan pengembangan lain, seperti; Portal Utama ArcGIS, Web Map, Web Map Application, Story Maps, Dasboard dan Rest Service.

Leader litbangjirap Sistem Otomatisasi Produksi Informasi menyampaikan target tahun ini adalah membangun prototipe sistem otomatisasi kebencanaan (longsor harian) dan sistem otomatisasi Kehutanan(devegetasi lahan, burbed area). Capaian sementara sistem otomatisasi informasi longksor harian adalah telah membuat sistem menggunakan modeler pada QGIS dan melakukan konversi dari modeler ke source code phyton. Sedangkan capaian otomatisasi kehutanan diantaranya, otomatisasi pengolahan burned area, otomatisasi devegetasi lahan tahunan berbasis data citra satelit Landsat.

Sebagian peserta Kolokium Tw-2 tahun 2020 tanggal 22-Juli 2020



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL