Fokus Layanan

Berita



WEBINAR SERI#04: DENGAN TEMA “COVID-19’, JUM’AT 10 JULI 2020
Penulis Berita : Iskandar • Fotografer : Humas/Pusfatja • 12 Jul 2020 • Dibaca : 189 x ,

PUSFATJA | Jum’at, 10 Juli 2020, Pusfatja kembali menyelenggarakan Webinar yang biasa disebut BINDER (Bincang Inderaja). Binder kali ini merupakan seri yang ke 4 dari 17 seri yang direncanakan. Tema yang diusung Binder kali ini adalah Coivd-19, sebagai pemanfaatan data penginderaan jauh terhadap pandemi covid-19. Binder seri#04 ini menghadirkan 3 narasumber, 2 dari LAPAN dan 1 dari Esri, serta dibuka oleh MC Nurhayati, ST, dapat diikuti online melalui aplikasi ZOOM dan Youtube. Peserta pada Binder ini tercatat 2.383 peserta, dengan peserta terbanyak dari Provinsi Jawa Barat (13.60%), Jawa Timur (11.88%) dan Jawa Tengah (11.75%) Sebagai pemandu dalam Binder ini adalah Koordinator Program dan Fasilitas Pusfatja Syarif Budiman, S.Pi, M.Sc.



Narasumber pertama adalah Dr. Danang Surya Candra, M.Sc dari Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata) LAPAN. Doktor lulusan Quensland University ini menyampaikan “Peran Data Satelit Penginderaan Jauh Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”. materi yang disampaikan meliputi overview pandemi covid-19 dan Penginderaan Jauh; Peran data satelit inderaja dalam menghadapi pandemi covid-19, meliputi data satelit resolusi spasial rendah, menengah dan resolusi spasial tinggi/sangat tinggi berikut foto-foto kondisi di lapangan yang sangat menarik.



Narasumber ke-2 dalam Binder ini adalah Fajar Yulianto, S.Si, M.Si. The Godfather of Remote Sensing dari Pusfatja ini menyampaikan tentang “LAPAN Hub Covid-19”, yaitu Portal Aplikasi Penginderaan Jauh dan SIstem Informasi Geospasial untuk analisis potensi resiko Covid-19 di suatu wilayah. Data yang digunakan adalah data Inderaja (Landsat-8, SPOT 5/7 dan Pleades tahun 2019) dan non-inderaja (seperti data covid-19 harian per kelurahan/kecamatan, peta sebaran rumah sakit rujukan, peta sebaran jalan, sebaran bangunan dan lain-lain). Hingga saat ini, Portal Lapan Hub covid-19 sudah menyediakan informasi sebaran potensi resiko covid-19 untuk wilayah DKI Jakarta, Jabodetabek, Kota Bandung, Kota Surabaya, serta sebaran tingkat kerentanan seluruh wilayah Indonesia.



Sebagai narasumber ke-3 adalah Dr. Achmad Istamar, CEO Esri Indonesia. Dalam paparannya, beliau menceritakan tentang aktivitas ESRI yang berkecimpung dalam kegiatan geografi terapan, khususnya di Indonesia. Esri memiliki Esri-DRP (Esri Disaster Response Program) yang akan membantu dalam penyediaan software, penerapan aluer kerja, data geospasial dan dukungan teknik dalam maslah kebencanaan. Dr. Ahmad juga menerangkan 5 langkah untuk memahami dampak potensial dari covid-19, yaitu; Map the cases, Map the spread, Map the Vulnerable Population, Map Your Capasity dan Communicate with maps. Di sela-sela pemaparannya, diberikan juga 3 quiz yang dapat dijawab peserta dengan hadiah yang menarik.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL