Fokus Layanan

Berita



BIMTEK PENGOLAHAN DATA PENGINDERAAN JAUH DAN SIG Gelombang VIII, 7 - 11 OKTOBER 2019
Penulis Berita : Humas/Pusfatja • Fotografer : Dinda • 08 Oct 2019 • Dibaca : 209 x ,

PUSFATJA| Selasa, 8 Oktober 2019, Untuk ke 7 kalinya ditahun 2019, Deputi Penginderaan Jauh LAPAN kembali mengadakan Bimtek Penginderaan Jauh (PJ) dan Sistem Informasi Geografi (SIG). Bimtek yang diselenggarakan di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Pekayon Jakarta selama 5 hari kerja dari tanggal 07 sampai 11 Oktober 2019. Bimtek tersebut diikuti oleh 23 peserta terdiri dari 6 orang dari Provinsi NAD, 1 orang dari Riau, 1 orang dari Kepulauan Riau, 3 orang dari Jambi, 1 orang dari Bangka-Belitung, 1 orang dari Kalimantan Tengah, 1 orang dari Sumatera Utara, 1 orang dari Jawa Tengah, 3 orang dari Bengkulu, 2 orang dari Kodya Depok, dan 3 orang dari NTB.



Kepala Bidang Diseminasi, Pusfatja-LAPAN M. Priyatna, MTI membuka acara Bimtek reguler gelombang 7 menyampaikan manfaat data penginderaan jauh dan aplikasinya di Indonesia. Beliau juga menyebutkan, di Deputi Penginderan Jauh memiliki program unggulan, diantara SBDPJN dan SPBN. SBDPJN (Sistem Bank Data Penginderaan JAuh Nasional) mnecakup akuisisi data, penyimpanan, pengelolaan dan distribusi data bagi pengguna. Sedangkan SPBN (Sistem Pemantauan Bumi Nasional) merupakan aplikasi pemanfatan data penginderaan jauh bagi mitigasi Bencana alam dan pemantauan bagi sumber daya alam.



Materi bimbingan teknis diantaranya Pengenalan Konsep Dasar Penginderaan Jauh dan pengenalan koreksi data citra digital oleh Babag Purbantoro, S.T., M.Mt dan Dianovita, S.Si., M.Si. Pengenalan Interpretasi citra digital dan Pengenalan Sistem Informasi Geografis (SIG) oleh DR. Dede Dirgahayu Domiri dan Dra. Maryani Hartuti, M.Sc. Bimtek ini juga menekankan praktikum pengolahan data penginderaan jauh, seperti Pengenalan cara mengunduh data Landsat 8, pengolahan citra satelit Landsat 8 (koreksi radiometrik dan Pansharpen), Menampilkan Citra Dan Pembuatan Citra Komposit, Penajaman Citra Dan Cropping Citra, Digitasi/Deliniasi Objek Penutup Lahan , hingga Perhitungan luas area tutupan lahan dan layout peta tutupan lahan serta diakhiri dengan presentasi kelompok dari masing-masing peserta. kegiatan bimtek ini dibantu oleh instruktur dari pustekdata dan pusfatja, yaitu; - Dianovita, S.Si., M.Si, Dra. Sri Harini, Argo Galih Suhadha, S.Kel dan Nedy Dwiyandi, S.Si.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL