Unit

News



RSO (Regional Support Office) PUSFATJA-LAPAN DAPAT PENGHARGAAN DARI UN-SPIDER, 11 SEPTEMBER 2019
News Writter : Humas/Pusfatja • Photographers : Ayu • 12 Sep 2019 • Read : 183 x ,

PUSFATJA | Rabu, 11 September 2019, RSO (Regional Support Office) PUSFATJA-LAPAN mendapatkan penghargaan dari UN-SPIDER (United Nations Paltform for Space-based Information for Disaster Management and Emergency Response (UN-SPIDER) atas kontribusinya dalam memberikan informasi kebencanaan selama dan sesudah bencana terjadi berbasis penginderaan jauh. Penghargaan diberikan pada acara 10 Tahun UN-SPIDER di Grand Gongda Jianguo Hotel, Beijing, Muhammad Ardha, S.Si dan Kusumaning Ayu Dyah Sukowati, M.Si mewakili PUSFATJA-LAPAN dalam acara tersebut.

Kegiatan LAPAN fokus dalam riset dan pengembangannya, terutama bagaimana menggali informasi dari data penginderaan jauh. LAPAN saat ini mengembangkan Sistem Pemantauan Bumi Nasional dari data satelit. Sistem ini akan memonitor sumber daya alam dan lingkungan, seperti mitigasi bencana, dimana semua informasi yang dihasilkan berasal dari data penginderaan jauh. Semua informasi yang dihasilkan dikirim ke lembaga pemerintah dan ditampilkan di web sebagai informasi untuk publik.

LAPAN aktif menyediakan informasi kebencanaan selama dan sesudah terjadi. Tim Quick Response (QR) cepat dan tanggap dalam menyediakan informasi kebencanaan, terutama dari data penginderaan jauh, serta akan mencari dan menyediakan data satelit dan informasi yang terkait area bencana tersebut. LAPAN juga terlibat dalam early warning system, seperti pemantauan kebakaran hutan dengan menyediakan informasi hotspot. Selain itu, LAPAN juga aktif dalam Sentinel Asia and International Charter "Space and Major Disastes" di wilayah Asia Tenggara. Sejak tahun 2010, LAPAN berperan sebagai pusat analisis data Sentinel Asia.



Kontribusi LAPAN bagi UN-SPIDER Beijing Office, diantaranya; 1. Mengembangkan guideline respon darurat bagi negara ASEAN, bekerja sama dengan UN ESCAP, AHA-center, SCOSA dan organisasi lainnya, 2. Aktif dalam konfrensi dan training UN-SPIDER Beijing Office, 3. Mengembangkan buklet tentang kebakaran hutan di Indonesia untuk Portal UN-SPIDER, 4. Mendukung kegiatan The International Charter "Space and Major Disaster" untuk 6 jenis bencana di Indonesia dan Vietnam,dan lain-lain.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733


© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL