Fokus Layanan

Berita



BIMTEK SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) TINGKAT LANJUT DI BAPPEDA SOLOK, 22 - 26 APRIL 2019
Penulis Berita : ES-JA • Fotografer : Bides • 26 Apr 2019 • Dibaca : 1317 x ,

PUSFATJA | 26 MARET 2019, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh bekerja sama dengan BAPPEDA Kota SOLOK menyelenggarakan bimbingan teknis sistem informasi geografis tingkat lanjut di Auditorium kantor Bappeda Kota Solok, tanggal 22 - 26 April 2019. Tujuan dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Pemda Solok terkait SIG, GPS Geodetik untuk akuisisi dan pengolahan data Drone dan diikuti oleh 20 peserta dari 6 Dinas (Dinas PU, Dinas Perkim, Dinas LH, Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas Pertanian). Diharapkan setelah bimtek ini peserta dapat meningkatkan kualitas SDM dalam memahami GIS dan software-software GIS yang mendukung. Acara Bimtek diawali sambutan dari Bappeda Kota Solok yang diwakilkan oleh Sekretaris Bappeda pemkab Solok Hendrizal, SH, MH. Dalam sambutannya, beliau mengatakan informasi geospasial sangat dibutuhkan dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Berdasarkan UU No.4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG), salah satu tugas dasar diantaranya adalah mendorong penggunaan IG dalam penyelengaraan pemerintahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Harapannya adalah seluruh dinas daerah ataupun SKPD di pemerintahan daerah dapat diintegrasikan dan terhubung melalui jaringan yang dimiliki oleh pemerintah setempat. Informasi yang berhubungan dengan daerah tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk peta dinamis dan dapat dipantau secara real time oleh masing-masing kepala daerah/dinas melalui layar monitor yang dipasang diruangan kepala daerah/dinas.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda Pemkab Solok Hendrizal, SH, MH, selanjutnya membuka bimtek SIG lanjutan ini. Beliau mengatakan harapannya, agar seluruh peserta bimtek SIG tingkat lanjut dapat dikuti dengan baik oleh seluruh peserta, dan dapat meningkatkan kualitas pemahaman mengenai GIS. Lebih lanjut, kualitas SDM yang meningkat akan memajukan pekerjaan dalam membantu pembangunan di Pemerintahan kota Solok. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan kepada Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh yang diwakili oleh Kabid Diseminasi M. Priyatna, S.Si, M.TI.

Acara terakhir dalam pembukaan bimtek SIG tingkat lanjut adalah presentasi dari Kabid Diseminasi, Pusfatja-LAPAN. Beliau memaparkan tentang LAPAN, Penginderaan Jauh, kegiatan di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan peluang Pemanfaatan data Penginderaan Jauh untuk Kota Solok. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, pelatihan SIG tingkat lanjut oleh instruktur dari Pusfatja-LAPAN, yaitu peneliti dan perekayasa, seperti Ahmad Sutanto, MT, Dipo Yudhatama, ST, M.T dan Esthi Kurnia Dewi, S.Kom, M.T. Pelatihan ini meliputi pemanfaatan data penginderaan jauh resolusi tinggi SPOT dan data UAV, Pengolahan Tutupan Lahan kota Solok, Analisis perubahan lahan, demo penggunaan dan akuisisi dengan Drone, Penggunaan GPS Geodetik, Pengolahan data UAV, membuat layout dengan web GIS.










Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL