Fokus Layanan

Berita



PENJAJAKAN KERJASAMA LAPAN, KKP, dan TOHOKU UNIVERSITY TERKAIT TSUNAMI, 29 Maret 2019
Penulis Berita : Humas/Pusfatja • Fotografer : Om Pri • 30 Mar 2019 • Dibaca : 170 x ,

Pusfatja | Jum'at, 29 Maret 2019. Delegasi dari Tohoku Unversity yang dipimpin Prof. Shunichi Koshimura berkunjung ke PUSFATJA. Kunjungan ini dalam rangka penjajakan kerjasama antara LAPAN dan KKP terkait tsunami di Indonesia. Kerjasama ini dalam bentuk riset komprehensip mengenai pemetaan dampak tsunami yang terjadi tahun 2018 di Indonesia dengan pendekatan remote sensing, machine learning, observasi lapangan dan analisis GIS. Seperti diketahui, Indonsia mnederita kerusakan yang cuup parah yang disebabkan gerakan tanah, tanah longsor, letusan gunung apai hingga tsunami. Perlu waktu yang cukup lama untuk mengatasi dampak sesudah bencana, seperti saat gempa bumi di Sulawesi yang berakibat upaya bantuan yang diperlukan akibat bencana jadi tertunda. Untuk mengatasi masalah ini, pengamatan bumi dengan penginderaan jauh memainkan peranan penting usaha tanggap darurat, terutama penilaian tingkat bencana yang cepat setelah kejadian.



Prof. Shunichi mengatakan, fokus utama kami adalah mengembangkan dan menetapkan metode pemetaan dengan menggunakan penginderaan jauh dan machine learning. Kerjasama dengan LAPAN dan KKP sangat diperlukan dalam mengumpulkan data kerusakan bangunan, perubahan lahan dan area tergenang. tujuannya adalah mengembangkan metode penginderaan jauh dan teknologi pemetaan berdasarkan pengamatan bumi untuk mengidentifikasi dampak dan kerentanan sebagai upaya tanggap darurat dalam bencana besar di masa datang.

Pertemuan ini juga membahas rencana kegiatan yang dimulai April 2019, rencana survey akhir April atau pertengan Juni 2019 dan direncanakan selesai Januari-Maret 2020. Selain itu, dibahas juga mengenai; 1. Data yang dapat di share oleh LAPAN seperti Palu dan selat Sunda 2. pihak Jepan akan berencana membeli data (TSX< CSK, RadarSat, dan Optical sensor data), 3. Data pengukuran yang sudah ada, 4. Kemungkinan pendanaan dari LAPAN/KKP serta, 5. Kesempatan membuat paper bersama.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL