Fokus Layanan

Berita



Penandatanganan Nota Kesepahaman LAPAN dan BRG, 18 Maret 2019
Penulis Berita : IC, MR, IS • Fotografer : IC • 19 Mar 2019 • Dibaca : 432 x ,

Badan Restorasi Gambut (BRG) dibentuk oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 sebagai bentuk komitmen untuk pengelolaan lahan gambut dengan lebih baik. Komitmen ini termasuk rehabilitasi 3 juta ha gambut yang telah terdegradasi di 7 Propinsi di Indonesia yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Untuk melaksanakan mandatnya, BRG membutuhkan data terkini dan akurat untuk monitoring area gambut tersebut, sehingga diperlukan data satelit penginderaan jauh dari LAPAN sangat diperlukan . Oleh karena itu dibuat kesepakatan kerjasama antara LAPAN dan BRG dalam pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan kegiatan, serta monitoring dan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan secara bersama. Kerjasama ini melibatkan Kedeputin 1 (Perencanaan dan Kerjasama) dan Kedeputian 4 (Penelitian dan Pengembangan) BRG serta Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh serta Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh yang dibawahi Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN.

Kesepakatan tersebut kemudian diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2019 di Jakarta, oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Jamaludin dan Kepala BRG Ir. Nazir Foead, MSc. Demikian pula penandatanganan PKS antara LAPAN dan BRG dilaksanakan oleh Deputi Penginderaan Jauh LAPAN Dr. Orbita Roswintiarti, MSc dengan Deputi 1 BRG Dr. Budi Satyawan Wardhana dan Deputi 4 BRG Dr. Haris Gunawan.

Adapaun ruang lingkup Nota kesepahaman ini meliputi: Penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh yang mendukung kegiatan restorasi ekosistem gambut sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan; Penyediaan dan pemanfaatan informasi penginderaan jauh yang mendukung kegiatan restorasi ekosistem gambut; Monitoring pelaksanaan kegiatan restorasi gambut; Penelitian dan pengembangan restorasi ekosistem gambut; Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh terkait kegiatan restorasi ekosistem gambut; Diseminasi hasil kerja sama.

Secara detail PKS dengan Deputi 1 BRG meliputi:
1. Pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh berupa identifikasi burn scar, identifikasi jaringan kanal, identifikasi pembukaan lahan, dan data hotspot; 2. Pemanfaatan data LiDAR;
3. Pemanfaatan hasil inventarisasi ekosistem gambut pada Tujuh Provinsi;
4. Pengembangan sistem informasi dan monitoring pelaksanaan restorasi ekosistem gambut;
5. Diseminasi hasil Kerja Sama.

Dan dengan Deputi 4 BRG meliputi:
1. Penelitian bersama di bidang restorasi ekosistem gambut;
2. Pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh berupa identifikasi burn scar, identifikasi jaringan kanal, identifikasi pembukaan lahan dan data hotspot;
3. Pemanfataan data lapangan untuk mendukung proses analisis data penginderaan jauh terkait restorasi ekosistem gambut;
4. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh yang berkaitan dengan kegiatan restorasi ekosistem gambut;
5. Pengembangan sistem monitoring lahan gambut;
6. Diseminasi hasil kerja sama.

Kepala BRG mengatakan, sesuai penandatanganan kerja sama ini, BRG harus terus berkoordinasi dan fasilitasi usaha restorasi jutaan hektar lahan gambut yang rusak di tujuk provinsi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan bekerja sama dengan berbagai institusi/lembaga yang berkompeten dalam soal informsai dan sumber daya lingkungan lahan gambut ini seperti LAPAN, yang dapat menyediakan data-data adn informasi dari penginderaan jauh dengan frekuensi perolehan dan data yang beragam.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL