Fokus Layanan

Berita



Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menghadiri ekspose hasil penyusunan monitoring evaluasi pengelolaan DAS Citarum
Penulis Berita : Bides • Fotografer : Bides • 06 Mar 2019 • Dibaca : 4488 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, menghadiri pembahasan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengelolaan DAS Citarum- Ciliwung dalam rangka percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No.15 tahun 2018. Tujuan monitoring dan evaluasi pengelolaan BPDAS Citarum-Ciliwung agar diperoleh pemantauan pengelolaan DAS Citarum hulu terutama melalui analisa pemanfaatan penginderaan jauh agar diperoleh sinergitas dan kerjasama dari berbagai pihak sehingga diperoleh rujukan pengelolaan DAS Citarum kepada pemerintah daerah dan stakeholder terkait.

Acara di hadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dirjen PEPDAS Citarum, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Kepala Balai Pengelolaan Das dan Hutan Lindung Citarum, Kepala Balai BPDASAL Ciliwing-Citanduy serta kurang lebih 50 peserta dari BPDAS Citarum, UPT-Pusat,UPD, TNI-POLRI, Forum DAS dan Anggota Satgas Citarum Hulu.

Dalam sambutannya, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc menyampaikan peranan penginderaan jauh dalam penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan, dan distribusi data, informasi, pedoman metodologi satelit penginderaan jauh. Selain itu disampaikan pula bahwa kerjasama dengan BPDAS Citarum sudah dilakukan dalam menyusun pedoman monitoring evaluasi rehabilitasi hutan dan lahan serta analisis penginderaan jauh untuk monitoring dan evaluasi keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan di DAS Citarum-Ciliwung. Peneliti LAPAN Suwarsosno, M.Si mempresentasikan hasil analisis monitoring evaluasi DAS Citarum Hulu. Disampaikan bahwa perubahan tutupan lahan dengan melakukan pengamatan citra satelit pengindereaan jauh sangat penting untuk mengevaluasi beberapa tujuan pengelolaan kebijakan yang strategis. Hasil analisis meliputi penyiapan bahan, pengolahan dan analisis data, validasi di lapangan dan uji akurasi serta penyajian laporan.

Hasil dari pertemuan tersebut telah disepakati bersama bahwa diperlukan indikator-indikator untuk monitoring pengelolaan DAS Citarum-Ciliwung yang disetujui oleh semua pihak. LAPAN siap mendukung pemantauan pengelolaan DAS Citarum hulu berdasarkan indikator-indikator yang telah disepakati tersebut melalui pemanfaatan data dan analisis penginderaan jauh.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL