Unit

News



FOCUS GROUP DISCUSSION PELAKSANAAN RISET PROGRAM INSINAS FLAGSHIP LAPAN BERSAMA MITRA UNIVERSITAS INDONESIA
News Writter : Priyatna • Photographers : Priyatna • 12 Dec 2018 • Read : 4342 x ,

DEPUTI | Rabu, 12 Desember 2018, Program Insinas (Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional) merupakan bantuan pendanaan riset yang diselenggarakan dengan misi utama untuk penguatan Sistem Inovasi Nasional melalui peningkatan sinergi, peningkatan produktivitas, dan pendayagunaan sumberdaya litbang nasional. Bidang prioritas Program Insinas tahun 2018 dibagi menjadi dua kelompok tema besar, yaitu tema umum berdasarkan bidang prioritas berdasarkan Rencana Induk Riset Nasional dan tema khusus bidang prioritas berdasarkan Flagship Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK). Program Insinas Flagship LAPAN tahun 2018-2020 mengusung tema “Pengembangan Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk Pemantauan Sumber Daya Alam dan Lingkungan". Pada tahun 2018, Kemenristekdikti telah menyetujui 32 (tiga puluh dua) proposal Program Insinas Flagship LAPAN, dimana 14 (empat belas) proposal diantaranya bermitra dengan Universitas Indonesia.

Landasan kegiatan riset bersama antara LAPAN dan Universitas Indonesia merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman antara LAPAN dan Universitas Indonesia tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Pengembangan dan Pemanfaatan Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa serta Perjanjian Kerjasama antara LAPAN dan Universitas Indonesia tentang Pengembangan Iptek Data dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Sumber Daya Alam dan Lingkungan yang telah ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2018.

Pada tanggal 12 Desember 2018, bertempat di Hotel Margo Depok telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membahas kegiatan Program Insinas Flagship LAPAN yang telah dilaksanakan selama tahun 2018 antara LAPAN dan Universitas Indonesia. Hadir dalam acara ini Dr. Muhammad Dimyati (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan – Kemenristekdikti), Dr. Orbita Roswintiarti (Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN), Dr. rer.nat. Abdul Haris (Dekan Fakultas MIPA - Universitas Indonesia), Ir. Dedi Irawadi (Kapustekdata – LAPAN), para dosen Fakultas MIPA - Universitas Indonesia, para peneliti senior Pustekdata dan Pusfatja, serta para pengelola dan leader Program Insinas Flagship LAPAN tahun 2018-2020. Berbagai capaian, kendala, upaya solusi, serta rencana kegiatan untuk tahun 2019 menjadi fokus utama yang dibahas dalam acara ini.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL