Unit

News



The 5th NATIONAL REMOTE SENSING SEMINAR 2018
News Writter : Priyatna • Photographers : • 01 Aug 2018 • Read : 149 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan event tahunan “Seminar Nasional Penginderaan Jauh (SINAS INDERAJA) ke-5” 31 Juli 2018 yang berlangsung di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat. Tema yang diusung pada seminar kali ini adalah “Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Target-Target Prioritas Pembangunan Nasional”.

Sinas Inderaja ke-5 dibuka oleh Kepala LAPAN. Dalam sambutan pembukaannya, Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin mengatakan LAPAN sebagai lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah dapat mendukung percepatan capaian prioritas pembangunan secara nasional. LAPAN telah menambahkan kemampuan dalam memperoleh data citra satelit dengan resolusi sangat tinggi yang diharapkan dapat membantu mempercepat capaian-capaian prioritas pembangunan nasional. LAPAN dapat terus bersinergi dengan peneliti, perekayasa, akademisi, dan pengguna guna meningkatkan perolehan kualitas citra serta pengolahannya menjadi lebih optimal.

Kemudian, Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Amich Alhumami Ph.D merupakan Pembicara utama 1, dalam presentasinya menyadari bahwa peran Iptek sangat sentral dalam membantu mencapai program pembangunan nasional. Menurutnya, prioritas pembangunan nasional 2018 berfokus pada pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas, sehingga dengan adanya dukungan LAPAN melalui data satelit serta fasilitas ground station diharapkan dapat membantu efisiensi anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Pembicara utama ke 2, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc, dalam presentasinya menyampaikan Peran penginderaan jauh LAPAN dalam mendukung program pembangunan nasional, diantaranya pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional, pengembangan Sistem Pemantauan Bumi Nasional dan kegiatan penginderaan jauh LAPAN mendukung prioritas nasional 2018 dan 2019.

Sinas Inderaja ke-5 dihadiri 386 orang yang terdiri dari 185 orang dari lingkungan LAPAN, 49 orang dari Kementerian/Lembaga diantaranya Kementerian energi sumber daya mineral (ESDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Informasi Geo Spasial (BIG), 38 orang dari Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kota diantaranya Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Jambi, 14 orang Perguruan Tinggi diantaranya ITB, UGM, UI, UNES, STMKG, 6 orang dari swasta, 82 orang pemakalah dan 12 orang wartawan.

Selesai acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan kunjungan pameran, konferensi pers dan sesi poster. Konferensi pers dipimpin oleh Kepala Biro Kerjasama, Hubungan Masyarakat dan Umum LAPAN Ir. Christianus Ratrias Dewanto, M.Eng, dan narasumber Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Kepala LAPAN, Sekretaris Utama LAPAN dan Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN.

Tema yang diusung dalam acara sesi presentasi paralel pada Sinas Inderaja ke 5 dikelompokkan dalam 4 tema besar, yaitu tema 1: Teknologi Akuisisi, Pengolahan dan Management Data penginderaan jauh, tema 2: Ketahanan pangan dan sumberdaya alam, tema 3: Pembangunan wilayah dan Infrastruktur dan tema 4: Lingkungan dan kebencanaan.

Seminar ini untuk memberikan kesempatan bagi para peneliti, perekayasa, praktisi, pemerhati dan pemangku kebijakan untuk melakukan diseminasi dan diskusi hasil hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan serta berbagi informasi tentang perkembangan terkini di bidang teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh untuk mendukung pencapaian target-target prioritas pembangunan nasional.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL