Fokus Layanan

Berita



Kegiatan Pelaksanaan Internalisasi Whistleblowing System dan Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pusfatja LAPAN menuju Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Penulis Berita : Priyatna • Fotografer : Priyatna • 08 Jun 2018 • Dibaca : 207 x ,

PUSFATJA | KamiS. 07 Juni 2018, Pusfatja LAPAN mengadakan sosialisasi pelaksanaan Internalisasi Whistleblowing System dan sosialisasi pelaksanaan reformasi birokrasi LAPAN menuju Zona Integritas (ZI), dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Gedung Auditorium Pusfatja LAPAN Jakarta. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh staf ASN dan PPNPN Pusfatja LAPAN.

Sosialisasi ini juga dilaksanakan untuk menciptakan suatu zona integritas (ZI) di lingkungan Pusfatja LAPAN yang menjadikan Pusfatja LAPAN sebagai instansi pemerintah yang bersih dari korupsi atau disebut dengan Wilayah Bersih Korupsi (WBK), serta menjadikan Pusfatja LAPAN sebagai instansi pemerintah yang berintegritas dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM). Zona Integritas (ZI) adalah sebuatan atau predikat yang diberikan kepada Kementrian/Lembaga yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Terdapat 2 jenis komponen yang harus dibangun, yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil. Komponen pengungkit merupakan komponen yang menjadi faktor penentu pencapaian sasaran hasil pembangunan ZI menuju WBK/WBBM.

Acara sosialisasi RB ini dibuka oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN, Dr M. Rokhis Khomarudin yang pada sambutannya menyampaikan Proses pengusulan Pusfatja LAPAN sebagai zona integritas, sehingga diharapkan Pusfatja LAPAN menjadi instansi yang bersih dan bebas korupsi. Selain itu disampikan pula, dalam membangun Zona Integritas ini diperlukan kerjasama semua komponen yang ada di Pusfataja LAPAN, baik Pimpinan, staf pegawai ASN dan PPNPN. Pada kegiatan ini diawali dengan pemaparan Pelaksanaan Internalisasi Whistleblowing System di lingkungan Pusfatja LAPAN. Hal ini diungkapkan beberapa panduan dan persyaratan Whistleblowing System yang akan dibangun di Pusfatja LAPAN.

Selanjutnya dipaparkan materi sosialisasi Zona Integritas oleh Winanto, selaku Kepala Bagian Administrasi Pusfatja LAPAN. Dalam paparannya, disebutkan ada beberapa kegiatan penguatan yang perlu dilakukan oleh Pusfatja LAPAN, yaitu:

1. Program penguatan Manajemen Perubahan 2. Program penguatan Tatalaksana 3. Program penguatan Sistem Manajemen SDM ASN 4. Program penguatan Akuntabilitas Kinerja 5. Program penguatan Sistem Pengawasan 6. Program penguatan Kualitas Layanan Pengguna

Pada kegiatan ini juga diadakan diskusi tentang survey integritas organisasi yang berkaitan dengan Zona Integritas (ZI) untuk terwujudnya suatu instansi yang bebas korupsi (WBK) dan terbangunnya birokrasi yg bersih melayani (WBBM).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL