Fokus Layanan

Berita



Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Provinsi Papua Barat, 8 – 9 Mei 2018
Penulis Berita : Priyatna • Fotografer : Priyatna • 08 May 2018 • Dibaca : 464 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh mengadakan Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Provinsi Papua Barat selama dua hari di Manokwari tanggal 8-9 Mei 2018. Kegiatan dibuka oleh Sekertaris Daerah Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda, Bapak Nikolas Saidui, SH, MH. Dalam sambutannya, Sekda Papua Barat mengungkapkan bahwa teknologi penginderaan jauh berkembang sangat cepat dari resolusi menengah hingga tinggi. Saat ini dalam kegiatan perencanaan pembangunan di Papua Barat belum dipakai secara optimal. Data satelit penginderaan dan geospasial masih sangat kurang sehingga kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh Pemprov untuk melengkapi data yang nantinya dapat digunakan untuk kegiatan perencanaan di Papua Barat. Kegiatan Bimtek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di Provinsi. Diakhir sambutannya, Sekda Provinsi Papua Barat mengharapkan adanya tindak lanjut kegiatan baik dalam kegiatan perekayasaan, penelitian dan perencanaan daerah. Pada kesempatan ini Bapak Nikolas Saidui, SH, MH., menginginkan ketersediaan data satelit secara detail dan komprehensip dalam mendukung pembangunan di wilayah Provinsi Papua Barat oleh LAPAN, baik teknis maupun non teknisnya.

Setelah pembukaan, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. didampingi oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. M. Rokhis Khomarudin, M.Si. menyerahkan cenderamata citra satelit Kantor Gubernur dan Bappeda Provinsi Papua Barat, sekaligus penyerahan plakat secara simbolis kepada Sekertaris Daerah Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda.

Sosialisasi dibawakan langsung oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh yang menyampaikan kondisi umum organisasi LAPAN, pengantar penginderaan jauh, ketersediaan data dan fasilitas yang dimiliki oleh LAPAN dan berbagai contoh-contoh pemanfaatan penginderaan jauh di Papua Barat yang digolongkan dalam pemanfaatan untuk sumberdaya alam, lingkungan, dan mitigasi bencana. Di akhir sosialisasi, Deinderaja mendemonstrasikan Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) yang dibangun untuk Provinsi Papua Barat.

Setelah sosialisasi, Bimtek dilakukan selama satu setengah hari yang mengajarkan mengenai dasar-dasar penginderaan jauh, cara perolehan data penginderaan jauh dari LAPAN, interpretasi citra, pengolahan data penginderaan jauh dan layout pembuatan peta dari hasil pengolahan data penginderaan jauh, serta cara penggunaan software yang diajarkan adalah Quantum GIS yang merupakan open source software sehingga mudah dan tidak berbayar. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 60 orang peserta yang terdiri dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Provinsi Papua Barat. Selain itu juga Tim Teknis dan non teknis dari Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, yaitu Muhammad Priyatna, S.Si., MTI, Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja, Anang Dwi Purwanto, S.Si., M.Si.,; Novie Indriasari, S.Si., M.Si.; Liana Fibriawati, S.Si.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL