Fokus Layanan

Berita



Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Bagi Aparatur Pemerintahan Kota Solok 23 April 2018
Penulis Berita : Priyatna • Fotografer : • 07 May 2018 • Dibaca : 397 x ,

Informasi kondisi wilayah diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Seluruh informasi kondisi wilayah dan informasi sumber daya alam saat ini dapat diperoleh dengan mudah dan cepat serta akurat melalui teknologi penginderaan jauh (remote sensing). Untuk dapat memanfaatkan data penginderaan jauh menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor pembangunan diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi data penginderaan jauh melalui teknologi Geographic Informastion System (GIS). Sistem Informasi Geografis telah berkembang pesat dan telah diaplikasikan dalam beragam disiplin ilmu seperti: pemecahan masalah lingkungan, perencanaan wilayah, pengelolaan sumber daya alam, analisis kebencanaan, kesesuaian lahan dan lain-lain. Untuk menguasi aplikasi SIG diperlukan kemampuan SDM aparatur dan didukung oleh peralatan yang memadai untuk mendapatkan hasil pengolahan data spasial yang baik.


Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penguasaan aparatur pemerintah Kota Solok dalam pemanfaatan dan pengelolaan data spasial untuk perencanaan, pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi pembangunan, pada tanggal 23 -27 April 2018 dilaksanakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) bagi aparatur pemerintah Kota Solok. Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah:

a.    Memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada aparatur pemerintah Kota Solok tentang teknologi dan data penginderaan jauh serta proses pengolahannya pada level dasar.

b.    Memberi pemahaman mengenai dasar-dasar konsep SIG serta melatih kemampuan teknis dalam mengoperasikan aplikasi SIG untuk membuat, mengolah, menganalisis dan mengelola data spasial untuk kebutuhan sesuai tugas pokok dan fungsi perangkat daerah masing-masing.


Pemda Kota SOLOK bekerjasama dengan Deputi Penginderaan Jauh melakukan pelatihan Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Pemetaan Wilayah Kota Solok Provinsi Sumatra Barat yang telah dilaksanakan pada tanggal 23-27 April 2018 di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Bapak Rusdianto, SIP, MM. Perwakilan dari Kedeputian Penginderaan Jauh adalah Ir. Rubini Jusuf, M.Si, Nanin Anggraini, M.Si, Devy Monica, Rizka Valupi, dan Viradhea Gita Rista Laksawana.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL