Unit

News



Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan informasi ZPPI di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi 2 Mei 2018
News Writter : Priyatna • Photographers : Godoras • 02 May 2018 • Read : 183 x ,

Terkait dengan permohonan bimbingan teknis informasi Zona Produksi Penangkapan Ikan di Wilayah Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, dengan No surat 523/430/DP/IV/2018, tertanggal 17 April 2018, maka Deputi Bidang Penginderaan Jauh bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan  Workshop dengan tema ‘Sosialisasi Dan Bimtek terkait Penyediaan Dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh Untuk Identifikasi Zona Potensi Penangkapan Ikan’ kepada para nelayan, selama 2 (dua) hari, tanggal 2-3 Mei 2018 di Kelurahan Nipah Panjang I, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Sosialisasi dan Bimtek ini dihadiri oleh Camat Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi , Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bidang Diseminasi, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh,  M. Priyatna, S.Si., MTI, Peneliti Pusfatja Sartono Marpaung, S.Si, Peneliti Pustekdata, Andy Indrajad, S.Si. M.Eng, dan Tival Godoras, S.Si.


Dalam sambutannya, Camat Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Kamaruddin, mengatakan bahwa perlunya di tingkatkan kerjasama daerah dengan pusat, khususnya lembaga penelitian, seperti LAPAN untuk meningkatkan nilai ekonomis dan pemberdayaan para nelayan dalam penangkapan ikan di wilayah project Provinsi Jambi.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Ir. Ibnu Hayat, MM, selain membuka kegiatan workshop juga mengungkapkan, bahwa  kerjasama dibidang Pemanfaatan data satelit penginderaan jauh ini tidak hanya sampai disini, dan akan dikembangkan ke dinas-dinas daerah lainnya yang ada di wilayah Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Selanjutnya dipaparkan terkait ketersediaan data dan Pemanfaatan data satelit  penginderaan jauh untuk sumberdaya kelautan dan pesisir oleh Kepala Bidang Diseminasi, Muhammad Priyatna, S.Si.,MTI. Sekaligus perwakilan pembuka dari LAPAN. Selanjutnya diikuti dengan paparan Pemanfaatan data satelit Penginderaan Jauh  secara detail terkait informasi produk Zona Produksi Penangkapan Ikan (ZPPI) dan praktek/Simulasi penggunaan GPSMap Garmin 580/585 oleh para Peneliti Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, Sartono Marpaung, S.Si, Andy Indrajad, S.Si, M.Eng, dan Tival godoras, S.Si.


Selanjutnya praktek atau Simulasi penggunaan GPSMap Garmin 580/585 di Laut lepas dengan menggunakan kapal nelayan dengan kemampuan tenaga sebesar 10 GT, pada siangnya. Mengingat waktu pasang siang harinya. Pada kegiatan sosialisasi dan bimtek ini dihadiri sekitar 40-an peserta dari dinas Kelautan dan perikanan, Dinas Perhubungan, Polisi Air, Staf Camat, Kelurahan, Desa, dan para nelayan di wilayah Nipah Panjang I dan II, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL