Fokus Layanan

Berita



Penandatangan MOU anatara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Banten
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 Dec 2017 • Dibaca : 1869 x ,

Penandatangan MOU anatara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Banten, dilaksanakan di Hotel Horison Ultimate Ratu, 27 Desember 2017, dalam acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Banten Tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Pemprov Banten Andika Hazrumy, S.Ip, Kepala Bappeda Banten, Ir Hudaya Latuconsina, M., dan juga Sekertaris Daerah, Ranta Soeharta. sedangkan dari LAPAN, dihadiri oleh Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaludin, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, DR. Orbita Roswintiarti, dan Kepala Pusat Teknologi dan Data, Ir Dedi Irawadi. Selain itu juga Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata dan Pusfatja LAPAN, Ir Ribiny Jusuf, M.Si. dan Muhammad Priyatna, S.Si., MTI. LAPAN memaparkan kontribusi terhadap kemungkinan dalam pembangunan provinsi daerah Banten dengan memanfaatan teknologi Keantariksaan, baik teknologi kedirgantaraan, science antriksa, penginderaan jauh, dan juga lainnya.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten untuk melakukan transformasi atau berubah menuju kepada hal-hal yang lebih positif dalam konteks pelayanan terhadap masyarakat. Menurutnya, perubahan atau transformasi OPD dalam melakukan tupoksinya melayani masyarakat Banten adalah sesuatu yang mutlak untuk dilakukan sebagai syarat utama agar dapat tercapainya tujuan pemerintah, dalam hal ini Pmeprov Banten, mensejahterakan masyarakat Banten.

“Jadi jangan heran sekarang misalnya, kantor-kantor kelurahan dan kecamatan di sejumlah daerah dalam melayani pembuatan dokumen kependudukan misalnya, itu suduah seperti bank swasta melayani nasabahnya, serba nyaman, serba cepat, serba mudah. Nah, itu mutlak dilakukan oleh pemerintah di zaman sekarang ini,” kata Andika menambahkan saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Provinsi Banten 2019 di Hotel Ratu, Kota Serang, Rabu (27/12/2017).

Andika mengatakan, untuk program penangulangan kemiskinan, terdapat sejumlah transformasi yang harus dilakukan oleh OPD. seperti, transformasi struktural yang mencerminkan pemerataan akses dan distribusi modal, kedua, transformasi SDM, yang mencerminkan peningkatan kapabilitas masyarakat miskin yang dilihat dari peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi. "Ketiga, transformasi institusi, yang mencerminkan tata kelola yang baik sehingga institusi berjalan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel dan kredibel. Dan terakhir, transformasi sosial budaya dengan terciptanya masyarakat yang memiliki budaya kerja yang produktif," terangnya.

Andika juga menuturkan, bahwa saat ini sejumlah Indikator Makro Banten relative membaik, seperti pertumbuhan ekonomi Banten pada semester triwulan III tahun 2017 mencapai 5.62 %, atau jauh di atas capaian nasional yang hanya 5.06 %. “Namun tantangan utama adalah pada tingginya tingkat pengangguran terbuka (TPT) tahun 2017 yang mencapai 9.28% masih di atas angka nasional yang mencapai 5,33 %. Di sini lah salah satunya transformasi-transformasi cara melayani masyarakat oleh Pemda mutlak harus dilakukan,” pungkasnya. Untuk diketahui, dalam acara tersebut, dihadirkan perwakilan dari Kementerian Perhubungan yang memaparkan perihal reaktivasi kereta api dan dukungan pembangunan bandara Banten selatan, perwakilan dari Kementerian Pertanian yang melakukan pemaparan tentang dukungan peningkatan produksi pertanian di Provinsi Banten, perwakilan dari Kemeterian Kelautan dan Perikanan yang melakukan pemaparan dukungan peningkatan produksi kelautan dan perikanan di Provinsi Banten dan perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memaparkan percepatan proyek strategis nasional dan pembangunan jalan nasional di Banten.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL