Fokus Layanan

Berita



Bimbingan Teknis Khusus Pemanfaatan Data UAV dan Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (4-8 Desember 2017)
Penulis Berita : • Fotografer : • 05 Dec 2017 • Dibaca : 93 x ,

Menindak lanjuti perjanjian kerjasama antara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maka LAPAN dan Bappeda DKI Jakarta mengadakan Bimbingan Teknis Khusus Pemanfaatan Data UAV dan Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi yang bertempat di Pusat Teknologi dan Data LAPAN, Jl. Lapan No. 70, Pekayon, PasarRebo, Jakarta Timur, 13710. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, dengan praktek dan simulasi penggunaan UAV di Pusat Teknologi Penerbangan, Rumpin, Provinsi Banten, pada hari/tanggal, Selasa, 05 Desember 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dilingkungan Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata), Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja), Pusat Teknolgi Penerbangan (Pustekbang), Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN yang diwakili oleh Kepala Bidang Diseminasi, Pusfatja, Muhammad Priyatna, S.Si., MTI, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Pusat Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Ir. Hidayat Budiawan, M.Si. Selain itu juga dihadiri oleh struktural di lingkungan satuan kerja Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, yakni Ir. Rubiny Jusuf, M.Si., selaku Kepala Bidang Diseminasi, Pusat Teknologi dan Data; Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, MSc.ME., selaku Kepala Bidang Diseminasi, Pusat Teknologi Penerbangan, beserta Staf ahli di Lingkungan Deputi Penginderaan Jauh, diantaranya: Dr. Ir. Dony Kushardono, M.Eng dan Ari Sugeng, S.Si., MT. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh tim teknis dan instruktur Bimbingan teknis, yakni Dipo Yudhatama, S.T.; Atriyon Julzarika, S.T., M.Si.; Nurwita Mustika Sari, S.Si.; Rizka Valupi, S.Si.; Drs. Ari Sugeng Budiyanta, M.Eng.; Silvia, S.T.; Nursanti Gultom dan tim pendukung lainnya. Jumlah peserta sosialisasi dan bimbingan teknis dihadiri sebanyak kurang lebih 20 peserta dengan penugasan dari Kepala BAPPEDA DKI Jakarta.

Materi bimtek di awali dengan pemaparan Pengenalan Sistem Akusisi, Pengolahan, dan Manajemen Data di LAPAN, dialnjutkan dengan Pengenalan Konsep Dasar Penginderaan Jauh dan UAV beserta pemanfaatannya di berbagai sektor, dan Pengenalan Interpretasi dan koreksi data citra digital, beserta Pengenalan Sistem Informasi Geografis. Selanjutnya pada hari kedua di laksanakan kegiatan Pengenalan teknologi / wahana UAV untuk pemotretan udara, Demo LSU 01 (setting Waypoint, rencana terbang, persiapan pesawat, foto udara, pengolahan data, dll) dan juga Kunjungan lab di Pustekbang, Rumpin, Banten. selanjutnya pada hari ketiga sampai dengan kelima, akan dilaksnakan kembali di ruang laboratorium pengolah data di Pustekdata untuk melakukan pengolahan data hasil simulasi UAV dan juga dilakukan analisa serta pemanfaatan sesuai kebutuhan data UAV tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL