Fokus Layanan

Berita



Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN Mengadakan Bimtek Pemanfaatan Penginderaan Jauh ZPPI di Provinsi Sulawesi Selatan
Penulis Berita : • Fotografer : • 01 Aug 2017 • Dibaca : 536 x ,

Pusat Unggulan Iptek Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN mengadakan Bimtek Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Safari Pusat Unggulan Iptek dalam mendukung Hari Kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas). Semoga bermanfaat bagi peningkatan investasi dan penanaman modal di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bimtek dilakukan tanggal 31 Juli 2017 sampai dengan 2 Agustus 2017. Materi bimtek antara lain:

- pemanfaatan penginderaan jauh untuk pesisir dan kelautan.
- pemanfaatan informasi zppi untuk penangkapan ikan
- sistem pemantauan bumi provinsi
- penginderaan jauh untuk analisa potensi wilayah

Peserta yang hadir Sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) orang peserta dari 24 kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki sumber daya wilayah Pesisir dan Laut. Lokasi bimtek di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Arahan kepala dinas DPM-PTSP, Andi Muhammad Yamin, SE., M.S., adalah bahwa teknologi seyogyanya dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat. Informasi zppi dan penginderaan jauh lainnya dapat digunakan untuk mendorong investasi dan penanaman modal di Sulsel.

Tim PUI Pemanfaatan dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh, Pusfatja, Yaitu:

1. DR. M. Rokhis Khomarudin, S.Si., M.Si. (Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, LAPAN)
2. Muhammad Priyatna, S.Si., M.T.I. (Kabid Diseminasi)
3. Teguh Prayogo, S.T., M.Si. (Peneliti Muda)
4. Iskandar Effendy, S.Si. (Pranata Komputer)
5. Gigih Giarrostowo, S.Si. (Staf bidang Diseminasi)
6. Suherman (staf Tata Usaha, Pusfatja)

Selanjutnya kegiatan safari PUI ini dilakukan visitasi ke Tempat Pengumpulan Ikan di Sinjai Sulsel. Acara dihadiri oleh kepala dinas perikanan kabupaten Sinjai, Sultan H. Tareem, dan Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja LAPAN, M. Priyatna, S.Si., MTI., berserta tim teknis memberikan penjelasan dan presentasi terkait pemanfaatan data inderja untuk ZPPI yang telah dihasilkan secara kontinuitas. Para nelayan sangat antusias untuk mengetahui dan bertanya, seperti H. Bustami dan H Soleh menginginkan transfer Informasi dan Teknologi melalui sosialisasi dan bimtek perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi penangkapan ikan oleh para Nelayan di Sinjai Sulsel. Juga diperlukan dukungan untuk dapat memberikan saran dan masukan berdasarkan pengalaman penggunaan data ZPPI di Indramayu dan Gorontalo, sebagai best practice.

Visitasi ini mendapat sambutan yang antusias dari Diskanla dan Nelayan Sinjai. Kegiatan perikanan tangkap di Sinjai cukup maju diantara kabupaten-kabupaten lainnya di Sulsel. Dari semangat nelayan, Diskanla dan aktifitas operasional penangkapan ikan yang dilakukan, sangat memenuhi syarat untuk dikembangkan. Daerah operasinya penangkapan ikannya hingga ke Laut Flores, Laut Banda, bahkan Laut Timor (menurut penjelasan salah satu Juragan kapal H. Bustami yang memiliki 23 kapal 20-30 GT).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021) 8722733



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL